Sorioussamurasafrica.org

Index Artikel Pilihan

×

Cara Meningkatkan Omset Penjualan Bisnis Online

Cara Meningkatkan Omset Penjualan Bisnis Online. Omset adalah perputaran uang dalam sebuah usaha atau bisnis dalam kurun waktu tertentu. Semakin besar omset sebuah usaha tentu akan semakin besar pula keuntungan yang di peroleh pemilik usaha. Untuk cara meningkatkan omset sendiri ada berbagai cara dan kali ini saya akan coba membahas nya.

Omset sangat penting dalam sebuah usaha. Namun untuk mendapatkan omset yang besar juga tidak mudah. Di perlukan kerja keras untuk mendapatkan pelanggan apalagi saat saat awal membangun usaha.

cara meningkatkan omset penjualan

Namun lama kelamaan seiring berjalannya waktu omset akan tambah besar setiap hari nya. Namun untuk menambah omset dalam waktu yang cepat dan bisa bertahan dalam waktu yang lama juga memerlukan trik trik khusus.

Apa sajakah trik tersebut ?? Berikut beberapa langkah yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan omset penjualan kita.

Promosi Atau Iklan

Promosi atau iklan adalah salah satu jurus yang jitu dalam menambah omset. Dengan melakukan promosi secara berkala tentu saja akan membuat produk kita semakin dikenal masyarakat. Dengan demikian maka calon customer akan datang kepada kita.

Walaupun cara ini sangat efektif dalam menambah omset namun tidak efisien dari segi biaya. Karena kita tahu cara meningkatkan omset dengan promosi atau iklan pasti membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Contoh mudah nya saja dengan menitipkan banner di website milik orang lain.

Tentu orang lain tersebut tidak akan mau membantu bisnis kita secara suka rela. Kita harus membayarkan beberapa rupiah untuk menyewa slot iklan di website orang lain apalagi yang memiliki lalu lintas pengunjung sangat banyak. Tentu harga nya pun akan lebih mahal.

Tapi dibalik biaya yang harus dikeluarkan cara ini masih menjadi idola bagi sebagian orang.

Menambah Produk Baru Secara Berkala

Kalau dengan membuat iklan kita memerlukan biaya tambahan maka cara yang satu ini tidak perlu biaya alias gratis. Dengan menambah produk baru secara berkala pasti nya juga bisa menambah omset penjualan bisnis online kita.

Berikut penjabarannya :

Omset berasal dari customer baik customer lama ataupun customer baru. Jika dengan melakukan iklan kita bisa mendapatkan banyak omset dari customer baru karena target dari iklan sendiri memang untuk orang baru. Atau memperkenalkan produk kita ke pasaran.

Selain dari customer baru kita juga bisa menambah omset dari customer lama yang sudah menjadi langganan. Cara nya yaitu dengan menambah produk baru lagi yang lebih variatif. Dengan menambah produk baru tentu akan membuat customer lama kita penasaran dan mencoba produk terbaru kita.

Sehingga omset pun akan semakin meningkat dan bertambah.

Pelayanan Yang Baik Juga Bisa Berpengaruh

Memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan juga merupakan cara meningkatkan omset bisnis online. Karena pelayanan sangat berpengaruh kepada kepuasan pelanggan terhadap usaha yang kita jalankan.

Contoh mudah nya adalah anggap diri sendiri sebagai pelanggan. Ada 2 buah kedai mie ayam di sebuah kampung. Yang satu pelayanannya ramah walau rasa nya biasa saja, dan yang satu pelayanannya buruk walaupun rasa nya enak. Manakah yang akan kita pilih ???

Saya sendiri pasti akan memilih yang memiliki pelayanan yang baik dan ramah. Karena palayanan sangat penting bagi saya untuk memuaskan palanggan. Jika palanggan tidak puas maka akibatnya pelanggan akan lagi kepada orang lain dan meninggalkan kita.

Kita tentu pernah mendengar pembeli adalah raja bukan ??? Maka dari itu berikan pelayanan terbaik kepada para pelanggan.

Membuka Cabang Atau Reseller

Tahu kan Indomaret atau pun Alfamart dan banyak minimarket serta departemen store lainnya yang sekarang sukses dan memiliki omset besar ?? Mereka semua bisa mencapai kesuksesan karena membuka cabang disetiap kota dan kabupaten bahkan di setiap kecamatan.

Mereka lebih fokus memperbanyak cabang daripada memperbesar satu toko saja. Itulah kunci yang membuat beberapa merk minimarket tersebut bisa sukses dengan omset ratusan juta bahkan milyaran setiap harinya.

Dalam tahap awal kita bisa melakukannya dengan membuka Reseller kepada orang yang berminat. Reseller juga bisa dikatakan cabang yang kita miliki. Bahkan dari sistem Reseller banyak orang yang sudah meraih kesuksesan.

Salah satu nya adalah merk keripik ” Mak Icih “. Yang sukses dengan Resellernya.

Mengadakan Diskon

Customer paling senang dengan yang namanya Diskon atau Potongan Harga. Walaupun presentase nya tidak terlalu besar itu juga bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi para konsumen. Hal ini bisa kita gunakan sebagai cara meningkatkan omset penjualan bisnis kita.

Untuk yang menggeluti bidang sandang atau pakaian. Bisa menawarkan potongan harga dari barang barang yang trend nya sudah lewat atau sudah tidak laku lagi. Karena daripada menjadi sampah masih mending kita jual walau dengan harga diskon.

Sementara untuk pebisnis makanan bisa juga memberikan diskon dari barang barang yang tanggal kadaluarsa nya sudah dekat. Ini sangat bisa menarik minat pembeli.

Di Jepang, setiap minggu juga ada diskon khusus dari roti roti yang memiliki tanggal kadaluwarsa dekat. Dan terbukti banyak pelanggan yang memburu roti tersebut dengan harga lebih murah. Saya melihat sendiri karena saya pernah tinggal di Jepang selama 3 tahun.

Kesimpulan :

Banyak cara meningkatkan omset penjualan bisnis online dan kelima cara di atas adalah beberapa contohnya. Untuk mendapatkan omset yang besar tentu di perlukan kerja keras dan juga kerja cerdas. Dan kita tahu semua itu tidak dapat terjadi dalam waktu yang singkat.

Semua nya butuh waktu.

Semoga artikel di atas bisa bermanfaat dan beberapa cara meningkatkan omset di atas memberi pengaruh terhadap bisnis online yang sedang kita semua jalani. Akhir kata terima kasih dan salam sukses.