7 Alasan Kenapa Harus Menjadi Pengusaha

7 Alasan Kenapa Harus Menjadi Pengusaha ?? Kenapa harus menjadi pengusaha ?? Pertanyaan itu sering kita dengar di seminar seminar tenang wiraswasta bukan ?? Saya pun awalnya mendengar demikian, dan awal mula saya berkenalan dengan dunia ini adalah saat saya join di bisnis MLM. Itu lho bisnis yang menawarkan pasif income, jadi kita bisa mendapat uang tanpa kerja.

Sebenarnya MLM itu ada yang benar tapi ada juga yang menyimpang. Dan yang benar biasa nya mengajarkan setiap member nya untuk berusaha lepas dari status karyawan. Menjadi seorang pengusaha yang mandiri yang tidak bergantung pada siapapun kecuali diri sendiri.

menjadi pengusaha

Pengusaha Atau Karyawan ??

Nah sekarang kita akan membahas tentang apa sie pengusaha dan apa sie karyawan.

Pengusaha itu adalah orang yang bekerja untuk dirinya sendiri. Dia lah bos untuk dirinya sendiri. Keuntungannya tentu saja bebas dalam melakukan apa saja. Bebas menentukan jam kerja, bebas istirahat dan kebebasan lainnya.

Namun yang jadi permasalahan adalah gaji yang tidak tetap. Jadi bagi orang yang mencari keamanan dalam masalah keuangan tentu tidak cocok menjadi seorang pengusaha. Gaji pengusaha ditentukan oleh seberapa keras dia bekerja. Semakin keras bekerja maka semakin banyak pula pendapatan yang di peroleh.

Tapi itu juga buka suatu jaminan. Kadang walau pun kita sudah bekerja keras masih ada juga pengusaha diluaran sana yang belum bisa merasakan penghasilan besar.

Sedangkan karyawan adalah orang yang bekerja di sebuah perusahaan atau bekerja dengan orang lain. Karyawan mempunyai bos yang mengatur semua pekerjaan yang dia lakukan setiap harinya.

Karyawan harus patuh dengan bos, harus rela di marahi jika terjadi kesalahan dan rela bekerja lembur jika dibutuhkan. Namun keuntungannya adalah gaji yang pasti di terima setiap bulannya. Jadi tidak ada kekhawatiran tentang hari makan apa besok jika kita menjadi karyawan.

Berhubung website ini membahas tentang wiraswasta tentu kita akan memilih menjadi pengusaha dengan berbagai resikonya bukan ?? Dan menurut saya pribadi menjadi seorang pengusaha memiliki banyak keuntungan dibanding kekurangannya.

Alasan Kenapa Harus Menjadi Pengusaha ??

Dan berikut berbagai keuntungan menjadi seorang pengusaha yang menjadi alasan kita memilih profesi ini.

Tidak Ada Bos

Enaknya menjadi seorang pengusaha adalah karena tidak ada bos di atas kita. Kita sendiri lah bos yang mengatur segalanya. Dan yang paling menyenangkan adalah tidak ada yang akan memarahi kita.

Saya teringat saat masih menjadi seorang karyawan di sebuah perusahaan. Waktu itu saya adalah seorang Quality Produksi yang mengecek proses produksi ban. Sebagai seorang Quality tentunya saya sudah mendapatkan minimum spesifikasi barang untuk bisa dikategorikan OK.

Dan saat itu saya meng NG kan banyak sekali barang karena melebihi spek yang saya pegang. Bagian produksi marah marah, Manager saya di panggil dan saya kembali yang kena marah serta barang di OK kan oleh Manager saya.

Padahal disitu posisi saya benar tapi ada daya karena saya hanyalah karyawan rendahan. Yang walaupun benar masih saja di salahkan. Sejak saat itu saya bertekad menjadi seorang pengusaha yang tidak akan bisa ada yang memarahi lagi.

Gaji Tak Terbatas

Karyawan, seberapa keras bekerja pun gaji akan tetap sama. Jika lembur pun tentu nilai nya tidak akan meningkat secara signifikan. Paling banyak 2 kali lipat dari gaji pokoq yang di terima, karena saya juga pernah mengalami nya menjadi karyawan selama 5 tahunan lebih.

Jika menjadi pengusaha tentu akan beda ceritanya. Gaji yang akan kita terima tidak terbatas tergantung seberapa keras kita kerja. Dan seberapa cerdas pula kita kerja. Karena jika tidak cerdas bisa saja kita kena tipu yang malah akan membawa banyak kerugian.

Ada sedikit cerita dari seorang teman saya. Kakak nya merintis usaha konveksi dan saat istrinya hamil dia pernah memegang uang hanya 3000 rupiah. Dan beberapa tahun kemudian saat anak nya sudah masuk sekolah TK dia bisa mempunyai 4 buah mobil. 2 mobil untuk usaha nya dan 2 mobil untuk pribadi.

Bayangkan jika kita menjadi karyawan. Apakah bisa dalam waktu kurang dari 5 tahun membeli 4 buah mobil dengan bekerja hanya sebagai seorang karyawan sebuah perusahaan ??

Kerja Kapan Saja Bebas

Misal pada hari kamis ada sebuah pertandingan yang di ikuti oleh anak anak kita. Sebagai orang tua kita tentunya ingin menonton dan memberi semangat kepada anak kita bukan.

Namun apa daya hari kamis adalah hari kerja dan tidak mungkin kita bisa libur. Kalau libur pun pasti akan di interogasi dahulu oleh atasan dan gaji pun biasanya akan terpotong. Itulah derita para karyawan yang jam kerja sudah di atur apalagi jika mendapat jatah shif malam. Harusnya tidur malah berkutat dengan pekerjaan.

Namun enaknya jadi pengusaha adalah kita bisa bebas menentukan kapan kita akan kerja dan kapan kita libur. Tanpa ada yang memarahi dan tanpa potong gaji. Karena jika bisnis kita sudah berjalan tanpa bekerja pun kita bisa mendapatkan penghasilan.

Menambah Lapangan Kerja

Menjadi seorang pengusaha berarti kita juga ikut memberikan lapangan pekerjaan kepada orang lain. Ya minimal karena kita sudah menjadi pengusaha berarti kita sudah memberikan jatah 1 karyawan yang seharusnya untuk kita kepada orang lain.

Terlebih lagi jika usaha yang sedang kita bangun membutuhkan pekerja tambahan. Tentu kita bisa memberikan lapangan pekerjaan lebih banyak kepada orang lain bukan.

Nah sekarang coba bayangkan saja jika setiap pemuda di Indonesia berpikiran menjadi seorang pengusaha. Dan masing masing dari mereka mempekerjakan 5 sampai 10 orang saja. Itu sudah sangat membantu pemerintah dalam upaya mengurangi pengangguran.

Dan apabila angka pengangguran berkurang bahkan habis apa yang terjadi ??? Kriminalitas dan para pengemis tentu nya tidak akan ada lagi di Indonesia.

Menambah Relasi Atau Jaringan

Dan alasan berikut nya kenapa harus menjadi pengusaha adalah kita bisa menambah relasi atau jaringan. Apa manfaat nya dari relasi atau jaringan yang kita temukan dari hasil berwiraswasta ??

Banyak sekali manfaatnya. Pertama kita bisa menambah teman atau kenalan dari berbagai daerah. Dengan begitu kita bisa lebih tahu tentang karateristik setiap orang dari daerah nya masing masing. Karena setiap daerah mempunyai kebiasaan dan gaya berpikir yang berbeda.

Kemudian kita bisa juga memperluas bisnis yang pastinya akan menambah penghasilan. Karena bisnis yang kuat tentunya di landasi dengan jaringan yang kuat juga.

Membangun Leadership

Jika menjadi seorang karyawan kita hanya akan disuruh suruh saja apalagi seorang operator yang notabene adalah jabatan terendah dalam perusahaan. Kita tidak punya kesempatan untuk mengembangkan kemampuan karena kita hanya dibayar untuk tenaga yang kita berikan.

Berbeda sekali jika kita menjadi pengusaha. Kita di tuntut untuk berpikir tentang manajemen dalam mengelola usaha. Kita harus memikirkan tentang produksi, kualitas, kuantitas, pemasaran, perawatan dan juga perbaikan. Kita harus memikirkan semuanya itu.

Dengan demikian kita akan belajar dengan sendiri nya cara nya menjadi seorang leader atau pemimpin. Dan hasil akhirnya tentu saja kita akan menjadi bos yang di sukai oleh anak buah dan para karyawan.

Coba perhatikan setiap orang sukses yang berawal dari bawah. Sebagian besar dari mereka mempunyai jiwa leadership yang bagus berbeda dengan para karyawan yang mempunyai jabatan tinggi di perusahaan. Mereka biasanya angkuh dan sombong. Biasanya namun ada juga yang baik.

Bisa Pensiun Dini

Jika kita menjadi karyawan kita harus terus bekerja untuk menghasilkan uang bukan. Tidak kerja sama dengan tidak ada uang sama dengan tidak makan.

Jadi kita harus terus bekerja jika masih ingin bertahan hidup. Dan kalau pun ada dana pensiun itu biasanya sedikit dan itu juga kalau kita sudah tua. Biasa nya diatas umur 55 tahun baru kita bisa pensiun.

Berbeda cerita jika kita menjadi seorang pengusaha. Kita bisa pensiun dini kalau kita sudah mempunyai aset yang berjalan lancar. Bisa saja kita pensiun di usia 30 tahun, 40 tahun atau bahkan bisa lebih muda lagi. Dan biasanya seorang pensiunan pengusaha itu karena kekayaannya sudah banyak bukan karena umur yang sudah tidak kuat bekerja.

Dan dengan kesuksesan yang di capai kita tentu bisa lebih leluasa beramal kepada sesama yang membutuhkan. Kita bisa membantu orang yang kurang mampu. Kita bisa menyumbang korban bencana alam dan sebagainya.

Yang pasti pensiun dari pengusaha itu enak.

Jadi kapan kamu mau merintis dan berusaha menjadi seorang pengusaha ???

Semoga artikel tentang ” 7 Alasan Kenapa Harus Menjadi Pengusaha ?? ” ini bermanfaat bagi anda para pembaca setia semuanya. Terima kasih dan salam sukses