Peluang Bisnis Percetakan Undangan Pernikahan Untuk Pemula

posted in: Index | 0

Peluang Bisnis Percetakan Undangan Pernikahan Untuk Pemula. Pernikahan adalah hal yang sangat diidam idamkan setiap orang didunia termasuk di Indonesia. Dan pasti setiap orang akan mengalami peristiwa pernikahan setidaknya sekali seumur hidup. Dan dari moment pernikahan ini juga kita bisa mengambil peluang berbisnis. Salah satunya adalah bisnis percetakan undangan pernikahan.

Saya membuat artikel ini karena memang dalam waktu dekat ini saya akan melangsungkan pernikahan. Dan saat ini saya baru saja menyelesaikan pembuatan undangan disalah seorang teman lama saya di SMK dulu. Dari pemesanan inilah saya akhirnya berpikiran kalau ternyata usaha ini juga memiliki prospek yang cukup bagus.

bisnis percetakan undangan pernikahan

Peluang Bisnis Percetakan Undangan Pernikahan

Disini saya hanya akan berbagi dari usaha yang teman saya jalankan bukan dari analisa saya yang belum saya lihat. Sistem yang kita jalankan disini adalah kita membeli undangan dari produsen yang masih kosong lalu kemudian kita print sendiri kata kata yang akan kita cetak dirumah. Kita juga bisa bekerja sama dengan produsen dengan meminta katalog berbagai model undangan agar bisa kita tawarkan kepada calon pembeli.

Kemudian apa sajakah peralatan yang dibutuhkan dalam menjalankan usaha ini ?? Berikut penjelasannya.

Laptop Atau Komputer

Laptop atau komputer disini tugasnya untuk mengedit kata kata yang akan kita cetak dalam undangan. Karena yang kita beli dari produsen adalah undangan kosong maka kita harus mengisinya sendiri dan juga mengedit sendiri kata kata yang ingin kita tuliskan.

Sebenarnya bisa saja kita langsung memesankan undangan jadi kepada produsen tanpa melakukan editing sendiri namun pasti keuntungan yang akan kita peroleh tidak banyak. Jadi lebih baik kita membeli undangan kosong saja dan memasarkannya sendiri kepada pelanggan.

Namun tentu saja jika kita akan melakukan penulisan sendiri kita juga harus menguasai ilmu komputer selain harus memiliki komputer itu sendiri. Tapi menurut saya itu bukanlah hal yang sulit karena dijaman sekarang ini komputer bukan sesuatu hal yang mewah lagi dan hampir kebanyakan orang bisa mengoperasikannya.

Printer

Alat selanjutnya yang kita butuhkan dalam Bisnis percetakan undangan pernikahan adalah printer. Tentu saja printer ini digunakan untuk mencetak undangan yang sudah kita edit karena sebelumnya kita hanya membeli undangan kosong dari produsen.

Selain untuk mencetak undangan kita juga bisa menggunakan printer ini untuk bisnis percetakan lainnya seperti foto atau makalah ataupun skripsi. Jadi kita bisa menggunakannya dengan berbagai kebutuhan bukan hanya percetakan undangan saja. Kita tinggal mengganti jenis kertas dan mengaturnya dari komputer itu sendiri.

Itu saja yang perlu kita butuhkan untuk memulai usaha percetakan undangan ini. Hanya komputer dan printer yang mungkin harga nya sekitar 5 – 7 jutaan untuk kualitas yang baik. Kemudian bagaimanakah sistem kerja yang kita jalankan ???

Sistem Kerja Bisnis Percetakan Undangan Pernikahan

Untuk sistem kerjanya juga sangat mudah sekali. Awalnya kita mencari berbagai produsen undangan yang ada dikota kita. Ajukan kerja sama dengan meminta katalog berbagai jenis undangan kepada mereka. Pasti para produsen akan dengan senang hati memberikan katalog kepada kita. Dan carilah banyak produsen agar undangan yang kita pasarkan bermacam macam dan banyak jenisnya.

Selanjutnya yang kita lakukan adalah promosi melalui berbagai media terutama media sosial. Kita tidak bisa pungkiri bahwa perkembangan media sosial saat ini sangatlah pesat dan itu bisa kita manfaatkan untuk melakukan promosi dibidang usaha apa saja termasuk undangan ini.

Nantinya setelah ada orang yang memesan barulah kita membeli undangan kosong yang dimaksud dari produsen dan mencetaknya sendiri dirumah dengan printer yang sudah kita punyai tadi. Sangat simple bukan ??

Ambil Katalog Dari Produsen >> Promosi >> Customer Memesan >> Membeli Undangan Kosong Dari Produsen >> Cetak Undangan Dirumah >> Uang Datang.

Estimasi Keuntungan

Kita ke bagian manisnya yaitu berbicara masalah keuntungan. Undangan itu ada berbagai macam dari yang murah sampai yang mahal dengan berbagai model. Anggap saja yang paling murah kita mengambil dari produsen undangan kosong seharga 350 rupiah perlembarnya. Kita bisa menjualnya seharga 900 atau bahkan 1000 rupiah perlembarnya dengan rincian 100 untuk biaya membeli plastik dan stiker dan 100 lagi untuk biaya tinta printer.

Jadi anggap saja keuntungan bersih yang kita peroleh dari satu undangan adalah 400 sampai 500 rupiah. Jika kita mendapatkan order 1000 undangan saja kita sudah bisa mengantongi keuntungan 400.000 rupiah. Itu dari 1 customer saja. Bagaimana jika kita mendapatkan beberapa customer sekaligus ??

Bagaimana apakah berminat membuka bisnis percetakan undangan pernikahan seperti yang saya paparkan diatas ??? Jika jawabannya iyaa maka mulailah dengan mencari produsen undangan disekitar tempat tingal kita dan mulailah mempromosikannya lewat berbagai media sosial.

Semoga lancar usahanya dan semoga artikel Peluang Bisnis Percetakan Undangan Pernikahan Untuk Pemula ini bermanfaat. Terima kasih dan salam sukses.