Sekilas Tentang Wisata Budaya di Yogjakarta

Setiap tahun ada jutaan pelancong yang sangat ingin melakukan kunjungan ke tempat dan obyek wisata di Yogjakarta. Keindahan kota yang berada dipulau jawa ini tidak perlu diragukan lagi.Hingga tak mengherankan kalau grup band legendaris Kla Project menulis sebuah lagu yang berjudul Yogjakarta.

wisata budaya di yogyakarta

Keramahan khas masyarakat Jawa sangat kental terasa di kota pelajar ini. Sampai pada saat artikel ini dibuat oleh penulis, masih kuat dalam ingatan saya betapa indah dan ramahnya kota ini.

Bila anda memiliki niatan untuk berwisata ke Yogjakarta, anda tidak perlu takut akan kehabisan spot wisata. Karena propinsi yang dipimpin oleh seorang raja ini, memiliki banyak obyek wisata yang akan memanjakan waktu liburan anda.

Secara garis besar, penulis mencoba untuk mengkategorikan obyek wisata di Yogjakarta menjadi beberapa kategori. Apa saja obyek wisata tersebut?

  • Wisata Budaya
  • Wisata Pantai
  • Wisata pegunungan
  • Wisata Belanja

Mari kemasi barang bawaan anda, dan ayo liburan ke Yogja!

Wisata Budaya

Salah satu hal yang paling saya sukai saat berwisata di kota ini adalah, karena anda tidak akan kekurangan obyek wisata budaya. Sebagai salah satu pusat peradaban mataram kuno, hingga detik ini kita masih dapat menikmati keraton-keraton yang tetap di jaga kelestariannya. Hingga tidak mengherankan bila keraton sebagai cagar budaya nasional, tidak pernah sepi dari kunjungan turis lokal maupun mancanegara.

Selain itu, kita juga akan dimanjakan dengan berbagai macam benda-benda peninggalan sejarah. Keris, tombak, gamelan dan tentunya tidak ketinggalan kereta kencana Yogja yang sudah kesohor itu.

Selain itu, sebagai sebuah propinsi yang merupakan bekas peradaban Mataram kuno dan tempat penyebaran agama Hindu dan Budha, tidaklah mengherankan bila ada banyak tempat wisata di Yogjakarta yang merupukan peninggalan budaya zaman kerajaan mataram, dan obyek wisata bernuansa Hindu dan Budha.

Begitu banyak candi-candi peninggalan masa penyebaran agama Hindu dan Budha dapat kita temui di wilayah Yogja. Terasa ada yang kurang apabila anda tidak mengunjungi candi yang sangat terkenal ke penjuru dunia, yaitu candi Borobudur dan candi Prambanan.